Struktur dan Fungsi Biji



Image result for Fungsi biji
Biji merupakan bagian yang berasal dari bakal biji dan di dalamnya mengandung calon individu baru, yaitu lembaga. Lembaga akan terjadi setelah terjadi penyerbukan atau persarian yang diikuti oleh pembuahan.

Biji (bahasa Latin:semen) adalah bakal biji (ovulum) dari tumbuhan berbunga yang telah masak. Dari sudut pandang evolusi, biji merupakan embrio atau tumbuhan kecil yang termodifikasi sehingga dapat bertahan lebih lama pada kondisi kurang sesuai untuk pertumbuhan.


A Struktur Anatomi Biji

a.Kulit biji : terletak di bagian luar biji dan melapisi seluruh bagian biji. 
b.Hipokotil : bagian bawah aksis (pangkal) yang melekat pada kotiledon. 
c.Radikula : bagian terminal (ujung). 
d.Epikotil : bagian atas pangkal. 
e.Plumula : bagian ujung, yaitu pucuk dengan sepasang daun. 
f.Kotiledon : bagian cadangan makanan

Perbedaan biji monokotil dan dikotil

Biji Monokotil:
1) Berkeping satu
2) Terdapat endosperma
3) Makanan untuk pertumbuhan embrio di peroleh dari endosperma

Biji Dikotil:
1) Berkeping dua
2) Tidak ada endosperma

3) Makanan untuk pertumbuhan embrio di peroleh dari cotyledon


B Fungsi Biji
Fungsi utama dari biji adalah reproduksi di mana tanaman mengabadikan diri, terutama seksual. Biji secara luas digunakan dalam produksi disengaja Biji, yang dikenal sebagai perbanyakan tanaman.
Selain itu, organ ini juga berfungsi sebagai diaspore atau penyebaran unit banyak tanaman. Banyak Biji dilengkapi dengan adaptasi yang menjamin atau meningkatkan penyebaran seperti debu-seperti dan balon biji, pelengkap sayap-seperti, rambut, parasut, bulu dan kait, dan permukaan repellant air.
Ada pengecualian untuk proses alami pembentukan biji.
Pengembangan Biji tanaman berikut penyerbukan, transfer serbuk sari dari anther ke stigma, dan pembuahan ganda. Ganda pembuahan adalah proses yang unik di angiosperma di mana dua fertilizations terjadi, salah satu yang mengarah ke pembentukan embrio diploid dan lain yang bertanggung jawab untuk endosperm triploid.
Tapi di apomixis, Biji dikembangkan tanpa pembuahan ganda dan embrio yang dihasilkan asal ibu. Akibatnya, tanaman yang diperbanyak dari biji apomictic memiliki konstitusi gen yang menentukan karakter dari tanaman induk dari mana Biji bersumber seperti di propagasi aseksual atau vegetatif. Ini adalah alasan mengapa Gregor Mendel gagal menduplikasi hasil pada taman kacang. Dia ingin menunjukkan bahwa pengamatan juga berlaku untuk tanaman lain tetapi, sayangnya, dia memilih Hawkweed (Hieracium sp.) Yang merupakan apomict, atau spesies apomictic.
Apomixis kebanyakan terjadi pada tiga keluarga tanaman: Poaceae atau Gramineae (rumput keluarga), Rosaceae (rose keluarga), dan Asteraceae (bunga matahari keluarga). tanaman Apomictic termasuk spesies Citrus, manggis (Garcinia mangostana), lanzones (Lansium domesticum), dan blackberry (Rubus fruticosus).
Simak video struktur-struktur pada biji, berikut ini.









Sumber: http://kliksma.com/2016/10/fungsi-biji-tanaman.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Volume Udara Pernapasan pada Manusia