Alat Pemurnian Air



Semakin  beratnya kondisi pencemaran lingkungan kita khususnya pencemaran terhadap air bersih kini bukanlah milik masyarakat perkotaaan saja, beberapa lokasi di pedesaan pun kini merasakannya. Pencemaran tersebut baik yang berasal dari limbah rumah tangga maupun limbah industry . Sementara kebutuhan akan air bersih di daerah pedesaan dan pinggiran kota untuk air minum, memasak , mencuci dan sebagainya semakin  meningkat .  Menyadari  kondisi ironis ini telah menggugah kesadaran  banyak pihak diantaranya ,  BPPT  melalui Teknologi Tepat Guna Mentri Negara Riset dan Teknologi meluncurkan informasi  penjernihan air sederhana  dengan  cara penyaringan .

Tentunya cara penjernihan air  yang sesuai dan cocok dilakukan oleh masyarakat pedesaan , baik secara biaya maupun teknologinya. Secara ekonomi tentu harus terjangkau dan murah sementara secara teknologi bisa dilakukan dengan sederhana  secara alami maupun kimiawi . Cara-cara yang disajikan dapat digunakan di desa karena bahan dan alatnya mudah didapat. Bahan-bahannya antara lain batu, pasir, kerikil, arang tempurung kelapa, arang sekam padi, tanah liat, ijuk, kaporit, kapur, tawas, biji kelor dan lain-lain.
Penjernihan air bersih secara sederhana ini merupakan penjernihan air dengan cara penyaringan. Bahan penyaringan yang digunakan adalah pasir dan tempurung kelapa. Tahapan pengerjaannya melalui beberapa pengerjaan sebagai berikut :
  1. Membuat pipa penyaringan
  2. Pemasangan pipa penyaring
  3. Membuat drum pengendapan
  4. Membuat drum penyaring
  5. Penyusunan drum endapan dan penyaringan
Gambar  Cara Kerja  Penjernihan Air  dengan Penyaring :
Alat Penjernihan Air
Alat Penjernihan Air Sederhana
Beberapa keuntungan pembuatan penjernihan air dengan penyaringan ‘made in’ BPPT ini hasil penyaringannya  cukup bersih untuk keperluan rumah tangga. Pembuatannya cukup mudah dan murah karena bahan – bahan yang digunakan mudah didapat di daerah pedesaan , selain itu pemeliharaannya cukup sederhana.
Namun ada juga kekurangan dari alat ini ,terutama pada proses pemeliharaan memerlukan ketelitian dan kesabaran  :
    • Kedua drum pengendapan dan penyaring harus selalu dibersihkan, terutama jika aliran air yang keluar kurang lancar. Ijuk, kerikil, potongan bata, pasir dicuci bersih, kemudian dijemur sampai kering.
    • Arang tempurung harus diganti lebih kurang 3 bulan sekali dengan arang tempurung baru.
    •  Air hasil penyaringan tidak bisa langsung diminum namun harus dimasak terlebih dahulu sampai mendidih . Karena alat penjernihan air ini tidak bisa digunakan untuk menyaring air yang mengandung bahan-bahan kimia seperti air buangan dari pabrik, karena cara ini hanya untuk menyaring air keruh, tapi bukan menyaring air yang mengandung zat kimia tertentu.
Setidaknya alat penjernihan air sederhana ini sudah mampu mengatasi permasalahan air bersih di pedesaan maupun perkotaan dengan bahan dan biaya terjangkau untuk masyarakat pada umumnya. Namun kini alat penjernihan air dengan teknologi lebih maju dan hasil optimal sesuai harapan masyarakay pada umumnya sudah banyak ditawarkan dan dijual di pasaran berbentuk fiter penjernih air dalam tabung.
Disarikan dari sumber Teknologi Tepat Guna – Iptek BPPT

Masalah air yang dihadapi bapak Ir. H.Tubagus Damai – Rempoa bukanlah masalah yang rumit. Kami sering menemui masalah air yang lebih komplek dari ini. Pak Ir.haji Tubagus Damai – arsitek senior dan tokoh masyarakat serta yang disepuhkan di komplek perumahan Taman Rempoa Indah ini merasa jengkel dan dibikin pusing tujuh keliling . Betapa tidak pusing , air di rumahnya terlihat ada lapisan minyak dan berwarna kuning , bila diendapkan terdapat banyak koloid – koloid berwarna kuning dan tentunya sedikit berbau besi. Padahal di rumah beliau sudah terpasang DUA  tabung alat penjernih air dari merk lain – ( maaf kami sensor nama merk tabung filter terpasang ) – praktis yang hanya menjadi barang hiasan atau pajangan belaka.
Team Nano Smart Filter pun bergegas menuju rumah beliau . Tidak perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk merasakan kejengkelannya pak haji Tb Damai, team Nano Smart Filter sudah bisa memperkirakan masalah air tersebut. Selain kandungan Besi dan Mangan yang tinggi juga masalah instalasi yang “ngjelimet” dan tentunya media filter yang tidak sesuai.
Team Nano menyarankan untuk mengganti media filter dan memperbaiki instalasi tabung alat penjernih air terpasang . Team Nano terpaksa mengistirahatkan satu tabung tersebut dan segera mengganti media filter menggunakan PureTAG Super dikombinasikan dengan Activated Carbon Iodium 800 -1000. Setelah memperbaiki instalasi disana – sini , alat penjernih air rekondisi inipun diuji cobakan. Hasilnya , air bersih dan bening serta segaar pun mulai mengalir mengisi saluran instalasi dan bak penampung di rumah beliau. Walau sebelumnya pak H.Tb Damai sempat keberatan dan menolak pemakaian hanya satu tabung filter  “ Dua tabungnya aja masih berminyak apalagi satu tabung “ begitu keberatannya. Tapi setelah membuktikan dan merasakan sendiri air baik dariNano Smart Filter , beliau pun senang dan memujinya :
Testimoni pak Ir.H.Tb Damai   “Air hasil filtrasi dengan menggunakan media filter pureTAG memang terbukti ampuh untuk masalah air saya dan cukup SATU tabung.  Sekarang air di rumah saya sudah bersih dan segarrrrrr” .
Terbukti alat penjernih air NANO Smart Filter lebih baik !
Mengapa Satu Tabung ?
Sebenarnya tidak ada yang mengatur penggunaan satu atau dua tabung , itu adalah lebih kepada pemilihan model dan selera. Namun tentunya yang lebih bijak adalah bagaimana cara memperoleh air bersih dan baik dengan peralatan yang sesuai dan efisien. Efisien dari segi biaya juga instalasi dan teknologi yang pas.  Di Nano Smart Filter kami memilih mempergunakan media filter yang sesuai dan handal,  mampu mengoptimalkan kinerja penyaringan dengan efisiensi tinggi bukan banyaknya tabung filter yang digunakan.
Nano Smart Filter dengan media filter PureTAG telah terbukti dan mampu menyaring dan menghilangkan masalah air dengan hanya SATU tabung. Karena media PureTAG sudah memiliki formula “ 4 in 1 “ yang dapat dimasukan dalam satu tabung. Sehingga dalam satu tabung tersebut sudah dapat disaring masalah bau , warna , rasa, minyak , kapur dan masalah air lainnya .
Keuntungan lain dari penggunaan satu tabung selain hemat biaya juga masalah estetika , penampilan yang lebih elegan dan ramping serta  instalasi yang lebih sederhana.


http://nanosmartfilter.com/tag/penjernihan-air-sederhana/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur dan Fungsi Biji

Volume Udara Pernapasan pada Manusia