Struktur dan Fungsi Daun



Daun adalah organ tubuh tumbuhan yang terletak pada batang atau ranting. Ummnya berwarna hijau, tipis, dan permukaannya lebar. 

A Struktur pada Daun

Image result for Struktur dan Fungsi Daun
Jarungan penyusun daun adalah sebagai berikut:

Epidermis

Epidermis umumnya tersusun dari selapis sel yang tidak berklorofil, terdapat pada permukaan atas dan bawah daun dengan fungsi sebagai pelindung. Epidermis pada permukaan atas daun biasanya di lapisi kutikula dan zat kitin, terdapat sedikit stomata jika dibandingkan dengan permukaan bawah daun. Stomata adalah celah yang terbentuk dari dua sel epidermis yang fungsinya berubah. Epidermis ada juga yang berubah menjadi trikoma (rambut).

Mesofil

Mesofil tersusun dari jaringan parenkim dan letaknya diantara epidermis atas dan bawah, sering disebut daging daun. Dinding sel tipis dan kaya akan kloroplas yang berfungsi untuk fotosintesis. Mesofil terdiri atas jarinan palisade yang tersusun tegak (jaringan pagar atau jaringan tiang). Jaringan bunga karang tersusun dari sel-sel yang bentuknya bulat, banyak rongga antar sel dengan kloroplas yang tidak sebanyak pada jaringan palisade.

Jaringan pengangkut

Jaringan pengangkut pada daun merupakan akhir dari xilem dan permulaan dari floem. Unsur hara yang berasal dari akar di proses di dalam daun menjadi zat organik. Zat organik yang dihasilkan dikirim ke sel-sel tubuh melalui floem, sedangkan zat sisa di buang melalui daun. Pada daun sering di dapatkan kelenjar yang menghasilkan inyak dan memiliki bau yang khas.

B Fungsi Daun

  1. Fungsi utama untuk fotosintesis  yang menghasilkan zat organik yang sangat diperlukan oleh semua sel tubuh tumbuhan bahkan sangat diperlukan juga oleh makhluk lain selain tumbuhan..
  2.  Sebagai tempat pengeluaran air melalui transpirasi dan gutasi.
  3.  Menyerap CO 2 dari udara.
  4.  Respirasi

Sumber: 
http://budisma.net/2015/06/struktur-dan-fungsi-jaringan-pada-daun.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur dan Fungsi Biji

Volume Udara Pernapasan pada Manusia